Aterosklerosis terjadu secara Bertahap

Aterosklerosis terjadu secara bertahap

Semakin mapan seseorang, fasilitas kenyamanan pun semakin mudah. Termasuk untuk urusan makanan. Tidak sekadar asal perut kenyang, tetapi kenyamanan lidah juga jadi perhatian.
Betulkah kita makan semata-mata supaya kenyang atau memanjakan lidah? Makan sebenarnya adalah untuk memenuhi kebu-tuhan tubuh, bukan pelampiasan nafsu lapar dan kelezatan.
Bagaimana jika kita memberi suplai makanan yang melebihi kebutuhan?

Tubuh kita akan membuat tabungan. Kelebihan kalori dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak, berupa kolesterol, trigliserida, maupun bentuk lainnya. Di dalam darah, lemak yang disebut lipoprotein karena berikatan dengan protein, akan larut.

Namun, tidak seperti tabungan biasanya, jenis tabungan yang satu ini kalau terlalu banyak jumlahnya ternyata malah membahayakan. Kelebihan kalori yang kelewatan membuat sebagian lemak tersebut tidak bisa dilarutkan dengan baik dan tercecer di dinding pembuluh darah, termasuk pembuluh darah otak. Meningkatnya kadar lemak dalam darah tersebut dinamakan hiperlipidemia.

Apabila ceceran lemak tersebut jumlahnya cukup banyak, maka akan terbentuk endapan yang cukup tebal, sehingga pembuluh darah menjadi semakin sempit dan dindingnya menjadi kaku. Keadaan seperti inilah yang disebut aterosklerosis. Sedang timbunan lemaknya disebut plak.


Proses terjadinya aterosklerosis membutuhkan waktu bertahun-tahun. Dalam selang waktu yang lama tersebut, penderita tidak akan mengalami gangguan otak. Namun, kemungkinan akan meng-alami hipertensi. Karena satu dan lain hal, plak dapat terlepas dari dinding pembuluh darah dan menjadi gumpalan yang terbawa aliran darah. Gumpalan ini disebut embolus.
Embolus tersebut jika menyumbat pembuluh darah otak akan menyebabkan terjadinya gangguan fungsi otak yang mendadak, sehingga orang kehilangan kesadaran dan diikuti kelumpuhan. Keadaan inilah yang disebut stroke. Selain karena sumbatan, stroke juga bisa diakibatkan oleh pecahnya pembuluh darah karena hipertensi, ataupun kelainan bawaan.
Temukan jawaban untuk mencegah dan merawat pembuluh darah dengan proargi9Plus dalam program smart detox

No comments:

Post a Comment