Kenapa Stroke terjadi

Bagaimana Stroke Berawal?


Stroke terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Aliran darah ke otak terhenti karena penumpukan Kolesterol pada dinding pembuluh darah (aterosklerosis) atau pembekuan darah yang menyumbat pembuluh darah ke otak.

Serangan stroke berawal saat bagian tertentu di otak mengalami kerusakan akibat jumlah darah yang masuk sangat kurang atau tidak ada sama sekali.
Biasanya, kerusakan pembuluh darah tersebut tidak terjadi seketika, melainkan sudah terbentuk sejak lama. Faktor-faktor risiko seperti hipertensi menyebabkan pemasukan darah yang membawa oksigen dan bahan makanan secara terus-menerus terhambat, akibatnya terjadi peng-gumpalan darah pada saluran arteri yang lama-kelamaan menghalangi aliran darah menuju otak.
Penggumpalan darah ini bisa juga menyebabkan pembuluh darah di otak pecah, sehingga darah membanjiri otak.
Gangguan pembuluh darah otak menyebabkan terganggunya fungsi otak. Padahal otak inilah yang mengatur seluruh organ tubuh. Dengan demikian, bagian tubuh yang kerjanya diatur oleh sel-sel tersebut pun menjadi tidak berfungsi.
Terganggunya keseimbangan otak memang tidak terlihat. Yang tampak jelas terlihat adalah gangguan fungsi organ, misalnya lumpuh sebelah badan, sulit berbicara, atau terganggunya fungsi berbahasa.
Kelumpuhan fisik akibat terganggunya fungsi otak umum-nya bersifat sementara. Dengan penanganan yang tepat dan latihan terus-menerus, penderita sedikit demi sedikit dapat pulih kembali, meskipun terkadang tidak dapat normal seperti semula. Kemam-puan otak untuk pulih kembali sangat tergantung pada berapa lama proses pengiriman darah terganggu, serta bagian otak mana yang terkena. Semakin lama pengiriman darah terganggu, semakin besar kemungkinan terjadi kerusakan yang bersifat permanen.



Temukan solusi untuk kesehatan pembuluh darah dengan Proargi9 Plus


No comments:

Post a Comment