Cara Terbaik Turun Berat Badan



Cara terbaik untuk berat badan mungkin berbeda-beda untuk tiap orang. Tetangga kamu mungkin cocok dengan cara diet A, sementara untuk kamu diet A hanya memiliki sedikit efek atau bahkan tidak berefek apapun pada berat badanmu. Menurut penasihat diet Katherine Tallmadge, cara terbaik untuk turun berat badan adalah dengan melakukan diet yang sehat dan melakukan banyak olah raga. Dengan cara ini, kamu dapat dengan aman turun sekitar 1.3 kilo seminggu.

Bahkan faktanya, memiliki target seperti ingin tampil hebat saat acara reuni SMU atau ke pesta pernikahan sahabatmu bisa menjadi motivator besar, selama kamu mengikuti rencana penurunan berat badan yang bisa tetap kamu lakukan bahkan setelah acara tersebut berlalu. Namun, kamu tetap perm-lu merencanakannya terlebih dulu dan memberi cukup waktu untuk membuat perubahan bentuk tubuhmu.

Turun berat badan adalah konsep yang sederhana: kamu perlu membakar kalori lebih banyak dibanding kalori yang kamu makan. Asosiasi Dietetik Inggris merekomendasikan untuk turun berat badan dengan wajar sebanyak sekitar 0.5-1.0 kg seminggu. Ini mungkin berarti memangkas asupan energi sebanyak 500-1000 kilokalori sehari. Namun, pengurangan nyata akan tergantung pada seberapa banyak berat badan yang perlu diturunkan, seberapa aktif (secara fisik) orang tersebut dan apakah dia laki-laki atau perempuan.

Jika kamu ingin turun berat badan dengan lebih cepat, kamu perlu mengurangi makan dan memperbanyak olah raga. Pada dasarnya, kamu perlu makan tidak lebih dari 1,050 hingga 1,200 kalori per hari (untuk alasan kesehatan, jumlah asupan kalori per hari sebaiknya tidak kurang dari angka ini) dan melakukan olah raga selama satu jam sehari. Dengan rencana jenis ini, kamu bisa turun 1.3-2.25 kgdi minggu pertama, atau mungkin lebih jika berat badanmu lebih dari 114 kg.

Menurut Yayasan Gizi Inggris, ada baiknya jika kamu tidak terlalu ambisius dengan seberapa banyak penurunan berat badanmu. Pendekatan yang lebih terukur akan lebih baik karena:
Tidak merusak kesehatan. Diet yang sangat rendah kalori (mengkonsumsi kurang dari 600 kkal sehari) dapat berbahaya karena tubuh kehilangan terlalu banyak jaringan non lemak (dan juga lemak tubuh). Tipe diet seperti ini juga biasanya rendah kandungan gizinya.

Lebih mudah untuk terus dijalankan. Diet seperti ini menyediakan kesempatan untuk memperbaiki kebiasaan makan pada umumnya yang mana dapat memiliki manfaat kesehatan dan membantu menjaga penurunan berat badan.

Asosiasi Dietetik Inggris setuju: Realistis dan targetkan turun antara 0.5-1 kg seminggu. Asosiasi ini juga merekomendasikan strategi lainnya untuk melangsingkan badan:

  • Simpan diari/jurnal dan lebih perhatikan kebiasaan-kebiasaan dan area-area masalah
  • Pilih makanan yang rendah lemak, misalnya daging tanpa lemak dan produk-produk olahan susu rendah lemak
  • Perhatikan ukuran porsi!
  • Kenyangkan perut dengan sayuran dan buah baik sebagai cemilan, sebagai lauk dan juga sebagai hidangan penutup.
  • Makan dengan teratur, awali dengan sarapan
  • Bergerak lebih aktif, targetkan minimal 30 menit melakukan aktivitas sedang tiap hari. Jika kamu dapat melakukan lebih lama dari itu akan lebih baik – idealnya targetkan hingga 60 menit sehari!

Demikian cara-cara terbaik untuk turun berat badan. Sederhana dan mudah sehinga dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

No comments:

Post a Comment